PASAR PERSAINGAN SEMPURNA: Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh
Halo Semuanya!
Kali ini saya akan
membahas sedikit tentang Pasar Persaingan Sempurna, nah kata atau ingatan apa
saja si yang terlintas dalam benak kalian jika mendengar Pasar Persaingan
Sempurna? Apakah ekonomi, penjual,
pembeli? Oke mari kita bahas.
Jadi apa si Pasar
Persaingan Sempurna itu? Pasar
Persaingan Sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli
(konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang dijual atau ditawarkan
sejenis atau serupa.
Sekarang apa saja si ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna? Ciri-ciri dari Pasar Persaingan Sempurna
yaitu:
1.
Banyaknya
penjual dan pembeli
Nah yang
pertama banyaknya penjual dan pembeli seperti definisi yang telah dipaparkan. Banyaknya
penjual dan pembeli mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak dapat
memengaruhi keadaan pasar, karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual
dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar
persaingan sempurna.
2.
Barang
atau jasa yang ditawarkan bersifat homogen
Produk
atau barang yang ditawarkan akan terlihat identik, sekalipun Anda membeli
disatu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya akan sama persis
dengan perusahaan lain.
3.
Penjual
dan pembeli mengetahui pengetahuan yang sempurna mengenai kondisi pasar
Penjual
dan pembeli harus mengetahui betul
tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan
meliputi setiap perubahannya, sehingga persaingan benar-benar sempurna.
4.
Kebebasan
untuk Membuka dan Menutup Perusahaan
Tidak terdapat suatu
hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika
dianggapnya menguntungkan dan menutup usahanya jika ternyata merugikan.
5. Faktor
produksi yang bebas bergerak
Bahan baku ataupun
tenaga modal dapa bebas bergerak, maksudnya dapat berpindah-pindah dari satu
tempat ke tempat yang lainnya.
6. Kebebasan
dalam mengambil keputusan
Harga barang atau
jasa terjadi sebagai akibat dari adanya interaksi
antara permintaan dan penawaran di pasar.
Nah, contoh dari Pasar Persaingan Sempurna yaitu mengutip dari laman Kemendikbud contoh dari Pasar Persaingan Sempurna adalah perusahaan beras. Kebutuhan pokok di Indonesia sangatlah banyak oleh karena itu jumlah pembeli dan penjual beras sangatlah banyak, mengingat beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia Alih-alih demikian pembeli maupun penjual tidak dapat memengaruhi harga beras tersebut dan menjadi price taker. Berapa pun jumlah beras yang dapat diproduksi, harga keseimbangan beras dalam pasar tetap tidak akan berubah. Di pasar beras banyak sekali perusahaan yang memproduksi produk atau barang yang bersifat homogen sehingga menjadikan pasar beras sebagai Pasar Persaingan Sempurna yang dapat menimbulkan persaingan sempurna antara produsen beras.
Demikian
pembahasan sedikit mengenai Pasar Persaingan Sempurna, mohon maaf bila ada
kesalahan dalam penulisan dan terima kasih.
Komentar
Posting Komentar